3.1.a.8 Koneksi Antarmateri
3.1.a.8 Koneksi Antar Materi
Oleh : Eulis Karyati, S.Pd.
CGP Angkatan 1 Kab. Garut
- Bagaimana pandangan Ki Hajar Dewantara dengan filosofi Pratap Triloka memiliki pengaruh terhadap bagaimana sebuah pengambilan keputusan sebagai seorang pemimpin pembelajaran diambil?
1. Ing Ngarsa Sung Tuladha : bahwa seorang guru atau pendidik harus mampu menjadi contoh dan teladan yang baik bagi peserta didiknya.
2. Ing Madya Mangun Karsa : bahwa sebagai guru ditengah kita mampu membangun semangat , motivasi , kemauan dan niat peserta didik.
3. Tut Wuri Handayani : Dari belakang mampu mendukung dan memberikan semangat atau dorongan
- Bagaimana nilai-nilai yang tertanam dalam diri kita, berpengaruh kepada prinsip-prinsip yang kita ambil dalam pengambilan suatu keputusan?
Nilai-nilai yang tertanam pada diri kita sangat berpengaruh dengan prinsip-prinsip dalam pengambilan keputusan, karena sebagai seorang pemimpin pembelajaran kita harus menanamkan nilai keadilan dan kejujuran yang tidak bertentangan dengan diri kita .
- Bagaimana kegiatan terbimbing yang kita lakukan pada materi pengambilan keputusan berkaitan dengan kegiatan ‘coaching’ (bimbingan) yang diberikan pendamping atau fasilitator dalam perjalanan proses pembelajaran kita, terutama dalam pengujian pengambilan keputusan yang telah kita ambil. Apakah pengambilan keputusan tersebut telah efektif, masihkah ada pertanyaan-pertanyaan dalam diri kita atas pengambilan keputusan tersebut. Hal-hal ini tentunya bisa dibantu oleh sesi ‘coaching’ yang telah dibahas pada modul 2 sebelumnya.
Kegiatan coaching berkaitan dengan kegiatan pengambilan keputusan yakni bagaimana seorang coach mampu menggali kemampuan /potensi yang dimiliki coachee dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya . Keputusan yang diambil tentunya keputusan yang dapat menyelesaikan masalah yang dihadapinya
- Bagaimana pembahasan studi kasus yang fokus pada masalah moral atau etika kembali kepada nilai-nilai yang dianut seorang pendidik.
Materi etika dan moral terkait dengan nilai-nilai yang dianut oleh seorang pendidik, karena etika terkait dengan karsa karena manusia memiliki kesadaran moral pada dirinya. Karsa berhubungan dengan nilai-nilai yang tertanam pada diri seseorang, nilai-nilai/prinsip inilah yang mendasari sesorang dalam mengambil keputusan yang mengandung unsur dilema etika.
- Bagaimana pengambilan keputusan yang tepat, tentunya berdampak pada terciptanya lingkungan yang positif, kondusif, aman dan nyaman.
Pengambilan keputusan yang tepat, tentunya berdampak pada lingkungan yang nyaman, aman, positif, dan kondusif karena kita sebagai pemimpin pembelajaran mengambil keputusan yang tepat yang dapat berdampak positif bagi banyak pihak yang ada disekolah / lingkungan asal.
- Selanjutnya, apakah kesulitan-kesulitan di lingkungan Anda yang sulit dilaksanakan untuk menjalankan pengambilan keputusan terhadap kasus-kasus dilema etika ini? Apakah ini kembali ke masalah perubahan paradigma di lingkungan Anda?
Kesulitan yang saya hadapi di lingkungan saya yaitu saat ada kasus yang rumit yang berkaitan dnegan kejujuran lawan kesetiaan yang sering terjadi dalam situasi dilema etika. Karena kita dihadapkan dengan pilihan untuk mengatakan yang sebenarnya atau melindungi profesi kita.
- Dan pada akhirnya, apakah pengaruh pengambilan keputusan yang kita ambil ini dengan pengajaran yang memerdekakan murid-murid kita?
Menurut saya pengambilan keputusan dapat memerdekan murid karena dengan keputusan yang tepat dapat terciptanya pembelajaran yang menyenangkan , lingkungan belajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa, serta dengan lingkungan yang positif siswa dapat lebih fokus dan berkonsentrasi dalam kegiatan pembelajaran.
- Bagaimana seorang pemimpin pembelajaran dalam mengambil keputusan dapat mempengaruhi kehidupan atau masa depan murid-muridnya?
Pengambilan keputusan yang dilakukan seorang pemimpin pembelajaran dapat mempengaruhi masa depan muridnya , terutama pada kegiatan pembelajaran dapat terciptanya pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyeangkan sehingga dapat meningkatkan potensi yang dimiliki siswa yang sesuai dengan kebutuhan belajarnya yang sesuai dengan kodratnya.
- Apakah kesimpulan akhir yang dapat Anda tarik dari pembelajaran modul materi ini dan keterkaitannya dengan modul-modul sebelumnya?
Kesimpulan yang dapat diambil dari materi pada modul 3.1 ini adalah dalam melakukan perubahan dimulai dari diri sendiri yang dapat memberikan dampak yang positif bagi banyak orang, serta dengan pembelajran pada modul ini kita dapat memeprtimbangkan dlaam mengambil keputusan dan dapat membantu orang lain dalam menyelesaikan maslah yang diahadapinya berdasarkan 4 paradigma, 3 prinsip dan 9 langkah pengambilan keputusan.
TERIMA KASIH.
Komentar